KEREN.. Kolaborasi Finalis Go Head Challenge 2016 Hasilkan Kaligrafi Sumpah Pemuda – FAJAR seleb
hiburan

KEREN.. Kolaborasi Finalis Go Head Challenge 2016 Hasilkan Kaligrafi Sumpah Pemuda

Agan Harahap saat Artwarding Night 2016 di Gudang Sarinah, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (20/11).

Agan Harahap saat Artwarding Night 2016 di Gudang Sarinah, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (20/11).

RANGKAIAN kegiatan kompetisi kreatif Go Ahead Challenge 2016 akhirnya mencapai tahap final. Empat pemenang dari 12 finalis yang mewakili subkultur visual art, fotografi, musik, dan juga style akan diumumkan pada Go Ahead Challenge Artwarding Night 2016, Minggu (20/11) ini.

Salah satu finalis dari bidang fotografi, Ridwan Badar berkolaborasi dengan seniman kenamaan, Agan Harahap. Sinergi mereka menghasilkan karya cukup unik. Yakni, tulisan Sumpah Pemuda yang dibuat berbentuk kaligrafi.

Agan Harahap mengatakan karya berjudul United by Rice itu lahir dari pandangannya terhadap kejadian sosial belakangan ini yaitu aksi demonstrasi pada 4 November 2016 lalu. Dia menilai unjuk rasa besar-besaran itu adalah gambaran mulai lemahnya Sumpah Pemuda.

“Itu karyanya lahir dari ide melihat kondisi kejadian 4-11. Kejadian itu kayak Sumpah Pemuda ngga ada artinya lagi. Oleh sebab itu kita bikin sumpah pemuda dengan bahasa Arab. Sebab bagi sebagian orang bahasa Arab itu suci banget. Padahal inti sumpah pemuda materialnya ya pemersatu bangsa,” jelas Agan Harahap kepada JawaPos.com saat Artwarding Night 2016 di Gudang Sarinah, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (20/11).

Dalam kesempatan sama, pria yang berdomisili di Yogyakarta ini juga menilai bakat dari Ridhwan Badar sebagai eksekutor. Menurutnya Badar punya bakat yang bagus. Namun di dalam karyanya masih kurang konten menarik. Oleh sebab itu Agan mengarahkan berkarya dengan muatan sosial.

“Gue merubah konsep dia, dia berangkat dari foto cantik biasa. Tapi menurut gue foto atau gambar itu harus punya muatan tertentu, terhubung pada keadaan saat ini, dan pesan,” ucapnya. “Badar dua hari ke Jogja, jadi gue beri referensi buku, website, dan terciptalah karya itu,” sambung Agan.

Karya kolaborasi Ridhwan Badar dengan Agan Harahap dikerjakan selama dua hari. Mereka saling berinteraksi memberi masukan. Sedangkan bagian pengerjakan dilakukan oleh Ridhwan Badar sendiri. (fajar/JPG)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top