Sukses untuk Anak Sule yang Satu Ini… Rizky Febian – FAJAR seleb
News

Sukses untuk Anak Sule yang Satu Ini… Rizky Febian

KESUKSESAN Rizky Febian di dunia hiburan tanah air tak lepas dari peran sang ayah, Entis Sutisna alias Sule. Dia ikut tampil dalam beberapa acara yang diisi Sule.

Namun, perlahan dia merintis kesuksesan sendiri. Jika wajahnya tak mirip banget, orang sulit percaya bahwa dia anak komedian konyol tersebut.

Rizki Febian pada  Senin lalu (16/1), ikut hadir dalam konferensi pers Dahsyatnya Awards 2017 di MNC Tower, Jakarta.

Ia tak bisa menyembunyikan kegembiraannya, lantaran namanya masuk nominasi Penyanyi Solo Pria Terdahsyat. Bahkan dia satu kategori dengan para penyanyi yang sudah lama diidolakannya. Yakni, Afgan dan Tulus.

”Masuk nominasi saja sudah bangga. Eh, ini malah satu kategori dengan mereka,” kata Iky –sapaan akrabnya– sambil tersipu-sipu. ”Mereka kan istilahnya lebih profesional dan senior dibanding saya. Suatu kehormatan bisa bersanding dengan mereka di satu kategori,” ujar cowok 18 tahun itu.

Karir Iky di dunia musik Indonesia memang baru masuk tahun ketiga. Sebelumnya, dia menjajal dunia presenter dan akting bareng Sule. Misalnya di film Sule Detektif Tokek (2011), lalu variety show Ramadan Saung Sule (2011), hingga kuis Kata Bergaya (2014). Baru pertengahan 2014 dia mencoba menyanyi dan mengeluarkan single Terbaik Untukmu.

Tapi, milestone Iky datang ketika singleKesempurnaan Cinta muncul. Lagu yang awalnya hanya diperdengarkan di keluarga itu ternyata meledak secara dahsyat. Diputar di mana-mana, diunduh siapa saja. Sampai NET. membuat serial dengan judul sama dan menggunakan lagu itu sebagai soundtrack. Pada 6 Januari lalu dia melansir album kompilasi berjudul Rizky and Friends bersama penyanyi lain di bawah naungan NET Talent Management. Sudah terjual 100 ribu keping.

Bukan hanya popularitas, Iky pun meraih berbagai penghargaan berkat lagu itu. Antara lain Indonesian Choice Awards, Anugerah Planet Muzik, Dahsyatnya Awards, dan Nickelodeon Choice Awards. Semua dia raih pada 2016. ”Padahal, saya dulu cuma berkhayal aja untuk jadi artis,” kata Iky, merendah. Seperti sang bapak, anak sulung Sule itu juga rendah hati.

Iky kecil tumbuh dalam keluarga yang mendalami seni. Selain ayahnya yang komedian, ibu Rizky, Lina, adalah seorang sinden. Sejak kecil, cowok yang lahir pada 25 Februari 1998 itu sering diajak ibunya ke pagelaran. ”Karena sering lihat ibu nyanyi dan dengar suara musik, bakat dan kecintaan saya terhadap musik pun semakin besar,” kata Iky, mengenang.

Karena itu juga, sejak kecil Iky punya angan-angan besar untuk eksis di dunia hiburan. Berbekal sisir atau benda panjang yang dia gunakan sebagai mik, dia sering berkhayal menjadi penyanyi di depan cermin. ”Terus juga kadang suka pura-pura jadi selebriti di depan cermin, bilang, ‘Terima kasih pemirsa,’” ujar Iky, lantas tertawa.

Tentu kini dia tak perlu berandai-andai lagi. Kesempurnaan Cinta dan single barunya, Penantian Berharga, melontarkan dia ke jajaran penyanyi papan atas. Iky pun memutuskan untuk serius menggeluti musik. Tidak nebeng ayahnya berakting lagi. Sule pun lepas tangan. Dalam artian, Iky memilih sendiri jalan hidupnya.

”Saat itulah Iky mulai berpikir dewasa. Dan alhamdulillah, di umur Iky sekarang, nggak ada kepikiran untuk main-main. Tapi, fokus ke dunia yang Iky jalani sekarang,” imbuh dia.

Meski begitu, Iky mengakui bahwa Sule adalah orang yang yang paling berjasa dalam karirnya. Banyak kritik dan masukan yang diberikan presenter Ini Talk Show tersebut. Dia pun sering bertukar pikiran dengan ayahnya.

”Kalau sudah masuk dunia entertainment, segala hal bisa jadi sensitif. Yang salah bisa jadi benar. Yang benar bisa jadi salah. Itu balik lagi ke pendirian Iky, apa Iki siap dan bisa menjalani,” kata Iki, menirukan petuah ayahnya. Hingga kini pun, Iky selalu minta pendapat Sule dalam hal apa pun. Soal job, lagu, hingga proyek pembuatan album.

Ya, selain memenuhi permintaan manggung di mana-mana, Iky sibuk mempersiapkan album. Target dia, album tersebut bisa dinikmati fans akhir tahun ini. Karena itu, cowok yang memiliki tiga adik tersebut masih mengumpulkan bahan untuk album barunya. Dia berusaha menulis sendiri semua lagunya. Tapi, agar perfek, pemuda yang senang tampil apa adanya itu juga meminta tolong untuk dibuatkan lagu oleh musisi lain.

Iky lulus SMA pada pertengahan 2016. Beralasan ingin berfokus membangun karir, dia memutuskan untuk tidak langsung melanjutkan pendidikan. Menurut dia, belajar tidak terpatok usia. Sementara itu, karirnya di dunia entertainment sedang menemukan momentum yang pas.

”Masih banyak koksekarang yang udah tua tapi masih kejar S-1,” kata Iky. ”Dan menurut Iky, ini adalah momen untuk memperlihatkan ke banyak orang. Jadi, Iky milih ke sini (musik, Red) dulu,” ucap dia.

Nah, soal itu, Sule sebenarnya tidak setuju. Iky mengaku bahwa ayahnya kerap mencerewetinya. Bahkan, Sule sering memintanya untuk kuliah di mana pun. Iky pun berjanji untuk kuliah di saat yang tepat. (glo/len/c11/na/tia)

loading...
Click to comment

Most Popular

To Top