Di Balik Tulisan Afi Nihaya Faradisa ada Dugaan Plagiat? – Fajar Seleb
News

Di Balik Tulisan Afi Nihaya Faradisa ada Dugaan Plagiat?

SIAPA yang tidak kenal dengan Afi Nihaya Faradisa. Ya, remaja yang baru tamat SMA Negeri 1 Gambiran, Banyuawangi Jawa Timur ini mendadak terkenal lantaran beberapa tulisannya di facebook yang dinilai cukup kritis.

Bahkan beberapa hari lalu, Ia diundang oleh menteri agama Lukman Hakim Saifuddin di talkshow yang bertajuk “Rosi” dengan tema “Warisan: Islam, Pancasila, dan Indonesia.”

Tema itu sengaja diangkat di dalam Talkshow yang disiar langsung oleh salah satu TV Swasta itu, lantaran tulisan Afi Nihaya tentang ‘Warisan’ cukup membuat takjub netizen. Pasalnya, di usainya yang baru 18 tahun, Afi dinilai cukup kritis.

“Jarang menemukan pemikiran cemerlang dari remaja yang baru berusia 18 tahun seperti dirinya.” Begitulah pujian netizen di wall facebook remaja berhijab itu.

Namun ada yang cukup mengusik netizen dari tulisan Afi Nihaya yang berjudul BELAS KASIH DALAM AGAMA KITA yang diposting pada tanggal 25 mei lalu.

BACA JUGA: Viral! Tulisan dari Gilang Gazuya ‘Tampar’ Afi Nihaya Faradisa soal Islam Warisan

Bukan soal isi tulisannya, namun Afi Nihaya Faradissa dinilai plagiat isi tulisan dari salah satu pengguna facebook dengan nama akun Mita Handayani.

Dugaan plagiat ini mulai terkuak setelah salah satu akun dengan nama Pringadi Abdi Sury memaparkan fakta-fakta itu lewat Kompasiana, dengan judul “Drama “Dugaan” Plagiarisme Afi Nihaya Faradisa” yang dipublis pada tanggal 31 Mei 2017  sekitar pukul 14:30.

Dalam pemaparannya Pringadi Abdi Sury menyebutkan, jika tulisan Afi Nihaya Faradisa dengan judul ‘Belas Kasih dalam Agama Kita’ diduga dikopi-paste dari status Mita Handayani. tudingan itu disertakan dengan screnshoot dari Mita Handayani, yang ditulis pada 30 Juni 2016 lalu.

Bukan saja soal tulisan “Belas Kasih dalam Agama Kita,” namun dugaan plagiat juga menurut Pringadi Abdi Sury, ada pada Status Afi Hinaya soal ‘Warisan.’

Ia memaparkan, tulisan Afi soal Warisan ditengarai memiliki ruh yang sama dengan narasi sebuah video viral yang juga diterjemahkan oleh akun Mita Handayani. Klik Video di sini

Pringadi Abdi Sury melanjutkan, di Status terbaru Mita Handayani malah mendefinisikan dirinya sebagai “I’m a proud senior” karena Afi menjadi momentum yang menyebarkan pemikirannya.

“Biarlah saya tidak dikenal, tapi pemikiran saya dibaca dan dipahami oleh banyak orang. Mungkin seperti itu.” katanya mengutip status Mita Handayani.

Namun Hingga kini, Mita Handayani masih belum buka suara soal tuduhan itu.  (dal/fajar)

Untuk Lebih Jelasnya Kilik di sini: KLIK

 

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!