Banjir-Longsor di Yogyakarta dan Pacitan, Bukti Ramalan Mbah Mijan? – Fajar Seleb
News

Banjir-Longsor di Yogyakarta dan Pacitan, Bukti Ramalan Mbah Mijan?

JAKARTA- Belum lama ini, Mbah Mijan memberitahukan hasil ramalan lewat akun twitter miliknya. Dalam cuitan tersebut, pria yang memiliki nama lengkap Samijan ini, memprediksi bencana alam berupa banjir dan longsor yang akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

“Saya melihat banjir bandang, saya melihat tanah longsor, saya melihat gempa, saya melihat angin besar yang semuanya tak wajar dan saya hingga hari ini terus berdoa agar semua penglihatan itu salah, salah, salah! dan Indonesia aman dari marabahaya, berdoalah setiap bepergian.” Tulis Mbah Mijan pada 26 November 2017 lalu.

Kata Mbah Mijan, hasil ramalannya itu dilihat berdasarkan proses meditasinya yang dilakukan berturut-turut, namun karena kengerian yang Ia lihat dari ramalan itu, Mbah Mijan putuskan untuk tidak melanjutkan. Namun Ia selalu berharap agar masayarakat Indonesia  berikhtiar dan menyerahkan sepenuhnya kepada putusan yang maha kuasa.

“Saya pribadi tidak mengharapkan hal-hal buruk menimpa negeri kita walaupun sulit dihindari, saya memutuskan untuk tidak melanjutkan meditasi akhir-akhir ini, katur pasrah wonten ing ngarsonipun Gusti Allah ingkang wasesaning jagat, mugi kalis ing rubedho lan beboyo, Amiin.” Tulis Mbah Mijan.

“Dekat, dekat, dekat semakin dekat! tampak, tampak, semakin tampak! Pasrah duh Gusti, semua adalah kehendakMu ya Rabb, doa bisa merubah nasib, mari kita doa bersama Guys, semoga semua bencana tidak terjadi di Indonesia, Amiiin.” Katanya dalam cuitan selanjutnya.

Belum berjalan satu minggu cuitan tersebut, Ramalan Mbah Mijan dinilai terbukti oleh netizen. Beberapa wilayah di Jawa Tengah dilanda banjir bandan dan longsor. Sejumlah orang dilaporkan tewas, dan ribuan warga terpaksa harus dievakuasi di tempat-tempat pengungsian.

Seperti  Yogyakarta misalnya, sebanyak 4 orang dilaporkan meninggal dan sejumlah lainnya luka-luka akibat banjir yang dan tanah longsong yang menghantam pemukiman warga Bantul dan Gunungkidul provinsi DKI Jakarta.

Selanjutnya, Longsor di wilayah Kabupaten Bantul trdapat 44 titik, Kabupaten Kulon Progo 10 titik, Kabupaten Gunungkidul 6 titik, Kabupaten Sleman 7 titik, dan Kota Yogyakarta 6 titik.

Selanjutnya, Kabupaten Pacitan Jawa Timur, sempat terisolasi akibat genanga air dan timbunan material longsor yang menutup akses jalan Ponorogo-Pacitan, Wonogiri-Pacitan, dan Trenggalek-Pacitan, hingga Selasa malam (28/11) lalu. Di Kabupaten Pacitan sendiri, tercatat 11 orang meninggal akibat banjir dan longsor.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, curah hujan di Yogyakarta pada 28 November 2017 yakni 286 mm/hari, sementara di wilayah Pacitan pada 27 November 383 mm/hari. Curah hujan yang terjadi tersebut merupakan curah hujan kategori ekstrem (di atas 150 mm/hari).

Curah hujan yang ekstrim itu, akibat dari siklon tropis cempaka  sehingga mengakibatkan cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya Jawa dan Bali. Di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Tiang Listrik Ikut Tumbang di salah satu sudut jalan di Pacitan. (Twitter)

Sejumlah bencana tersebut, dikatikan dengan ramalan Mbah Mijan sebelumnya. Dari sekian komentar netizen, ada yang meyakini, namun ada pula yang merasa wajar, sebab pada akhir tahun 2017 terdapat perubahan cuaca.

Yang ditulis akun @RAggwidyani misalnya, Ia membandingkan ramalam Mbah Mijan soal Pilkada DKI Jakarta pada April lalu. “Mbah pernah bilang ahok bakal menang..tapi ramalan mbah meleset. Mbah mijan yg diberikan khodam kadang sering salah..jadi hati2 mbah menulis.” Tulisnya.

Sementara akun @MardiDomo lebih memilih meyakini ramalan Mbah Mijan, “Apa yg mbah mijan katakan memang ada benarnya …kini kota tercinta tanah kelahiran ku PACITAN dilanda banjir bandang dan tanah longsor dimana2 ..mohon dibantu doa mbah semoga tidak terjadi apa2 lagi dan semoga indobesia tercinta ini dijauhkan dari segala marabahaya.” Katanya.

Hal yang sama dikatakan oleh akun @iduudhee15. “mbah, semenjak mbah ngetwit tentang ini, saya langsung merasakan bahwa kota pacitan juga termasuk,, ternyata bener mbah. Tulisnya

“Woi, sekarang emang puncaknya musim hujan dan perubahan cuaca. Ngga perlu loe ramal semua jg pada tau,” celetuk akun @islamidahlan 

“Tweet mbah bnar mbah,, trjdi bkan blan desember,di pacitan dan wonogiri sudah banjir, di bengawan solo dket kampung saya sudah siaga satu.” Tulis akun @elanongko_ (dal/fajar)

loading...

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!