Netizen Heboh Lihat Ustad Bachtiar Nasir Minum Kencing Onta, Fahri Hamzah Bilang Begini… – Fajar Seleb
News

Netizen Heboh Lihat Ustad Bachtiar Nasir Minum Kencing Onta, Fahri Hamzah Bilang Begini…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Ustad Bachtiar Nasir terlihat sedang meminum kencing onta saat berada di Arab Saudi beberapa hari lalu. Video tersebut lantas jadi perbincangan di sosial media.

Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI), itu juga memaparkan sebuah hadis nabi soal bolehnya meminum kencing onta.

“Sesungguhnya dalam air kencing unta dan susunya mengandung obat bagi penyakit di dalam perut mereka.” (HR. Ahmad: 2545)” tulis Bachtiar Nasir lewat akun sosial medianya.

Meski sudah memaparkan beberapa dalil tentang bolehnya meminum kencing onta, namun video tersebut rupanya masih menjadi kontroversi netizen.

 

Hadits Seputar Kencing dan Susu Unta. ———————- “Beberapa orang dari ‘Ukl atau ‘Urainah datang ke Madinah, namun mereka tidak tahan dengan iklim Madinah hingga mereka pun sakit. Beliau lalu memerintahkan mereka untuk mendatangi unta dan meminum air seni dan susunya. Maka mereka pun berangkat menuju kandang unta (zakat), ketika telah sembuh, mereka membunuh pengembala unta Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan membawa unta-untanya. Kemudian berita itu pun sampai kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjelang siang. Maka beliau mengutus rombongan untuk mengikuti jejak mereka, ketika matahari telah tinggi, utusan beliau datang dengan membawa mereka. Beliau lalu memerintahkan agar mereka dihukum, maka tangan dan kaki mereka dipotong, mata mereka dicongkel, lalu mereka dibuang ke pada pasir yang panas. Mereka minta minum namun tidak diberi.” Abu Qilabah mengatakan, “Mereka semua telah mencuri, membunuh, murtad setelah keimanan dan memerangi Allah dan rasul-Nya.” (HR. Bukhari: 226) – http://hadits.in/bukhari/226 “Sesungguhnya dalam air kencing unta dan susunya mengandung obat bagi penyakit di dalam perut mereka.” (HR. Ahmad: 2545) – http://hadits.in/ahmad/2545 “‘Anbasah berkata; Telah menceritakan kepada kami Anas mengenai hal ini dan itu. Aku berkata; dan kepadaku Anas menceritakannya, ia berkata; suatu kaum pernah menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam seraya berkata; Cuaca kota ini sudah tidak cocok bagi kami. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ini ada beberapa hewan ternak milik kami, maka keluarlah kalian dan minumlah dari susu dan air kencingnya. Lalu mereka pun meminum susu dan air kencing unta hingga mereka segar kembali…

A post shared by Bachtiar Nasir (@bachtiarnasir) on

Wakil ketua DPR RI, Fahri Hamzah menilai, tidak ada yang salah dengan apa yang dilakukan oleh Ustad Bachtiar Nasir. Kata Fahri, hal itu sudah jelas dalam dalil-dalil yang sahih (kuat).

“Apa salahnya kencing onta? Ituu ada hadis-nya dan sahih… seorang sahabat kena lepra dan sembuh setelah disuruh Nabi SAW minum.” Tulis Fahri Hamzah.

Kata Fahri, meminum kencing onta merupakan keyakinan, tergantung sains yang akan membuktikannya. “Maksud saya, itu keyakinan, apakah sains mau berbaik sangka membuktikannya ya kita tunggu saja, di kampung saya anak-anak sakit mata cuci mata pakai kencing pagi.” Kata Fahri.

 

Sebelumnya, Fahri mengaku kaget terhadap keterangan yang membolehkan meminum kencing hewan gurun pasir itu. Sebab di Arab Saudi sendiri, kencing onta dijual lebih mahal darpada sir susunya sendiri.

“Saya juga kaget waktu mendapat keterangan itu. Dan melihat sendiri para peternak unta di Saudi menjual kencing unta lebih mahal dari susu unta. 5 SR untuk susu unta dan 20 SR untuk kencing unta. Saya tanya ke ulama, Saya diberitahu bahwa ulama memang ada perbedaan pendapat… sebagian menganggap hadits sahih itu hanya berlaku zaman nabi karena yang disuruh nabi minum itu adalah orang yg kena hukuman… bukan orang biasa.” Kata Fahri Hamzah.

“Tapi sebagian ulama berpandangan bahwa hadits itu tidak dibatalkan dan berlaku umum.” imbuhnya.

Fahri melanjutkan, yang dilakukan  Ustadz Bachtiar Nasir itu hanya meneruskan apa yang ada dalam teks hadis, sehingga tidak ada salahnya.  “apa salahnya? Paling tidak ini perbedaan pendapat.” Cetusnya.

Sebagai penutup, Politisi PKS itu mengaku bingung dengan sebagian netizen yang kerap berkomentar tentang Ulama.

“Saya suka bingung dengan orang pintar di Indonesia, berdamai dengan dukun gampang tapi dengan ulama susah banget.. wallahualam.” Tutupnya.   (dal/fajar)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!