hiburan

Disney Beli Fox Senilai Rp 1 Kuadriliun, X-Men dan Avengers akan Bareng

X-Men kembali reuni dengan Avengers setelah Disney resmi mengakusisi Fox Entertainment. (movieweb)

FAJAR.CO.ID – Akhirnya setelah lebih dari satu tahun direncanakan, Disney resmi mengakusisi Fox Entertainment sebesar USD 71 miliar atau sekitar Rp 1 kuadriliun, pada Rabu (20/3).

Dengan akusisi tersebut, Disney akan mendapatkan sejumlah aset milik Fox, seperti Avatar dan X-Men. Serta, sejumlah televisi produksi, seperti The Simpsonsdan National Geographic. Kemudian, dengan akusisi tersebut Disney merencanakan merilis layanan streaming Disney Plus akhir tahun ini.

Dilansir dari AP, Rabu (20/3), berikut sejumlah aset yang dikuasai oleh Disney dengan mengakusisi Fox Entertainment.

Film

Film X-Men dan sejumlah film Fox lainnya akan ditambahkan dalam layanan streaming Disney Plus tersebut. Kemudian, dengan adanya akusisi ini maka film produksi Marvel yang sebelumnya sudah dibeli di Fox, seperti Avengers akan kembali bersama dengan X-Men. Mengingat, tahun 2009, Disney membeli Marvel.

Televisi

Siaran seperti The Americans, This Is Us, Modern Family, The Simpsons, National Geographic, dan semua siaran di FX Networks akan tayang di sejumlah channel televisi milik Disney, seperti ABC, the Disney Channel dan Freeform.

Saat ini, Modern Family sudah ditayangkan di ABC.

Streaming

Disney mendapat saham mayoritas di layanan streaming Hulu. Mengingat, sebelumnya Comcast, Disney dan Fox memiliki masing-masing 30 persen saham, serta dengan AT&T memiliki 10 persen lainnya melalui Time Warner. Dengan dibelinya Fox, maka saham Disney menjadi 60 persen.

Sebagai pemilik saham mayoritas, Disney rencananya tetap akan menjalankan Hulu. Sedangkan Disney Plus akan menawarkan program yang fokus pada keluarga.

Aset di luar Negeri

Disney akan menguasai sejumlah aset internasional milik Fox, termasuk Star India (media di India), saham Tata Sky (satelit televisi), dan Endemol Shine Group (perusahaan berbasis media di Belanda).

Taman Bermain

Disney telah menggunakan portofolio secara ekstensif di taman hiburannya di California, Florida, dan luar negeri. Misalnya, sedang memperluas Star Wars.

Tak Kuasai FOX CORP.

Ternyata Disney tak serta merta menguasai Fox Corp. Sebab, ini adalah perusahaan baru yang berdiri sendiri yang terdiri dari aset-aset yang tidak dibeli Disney. Ini termasuk Fox News, Fox Sports, Fox Network, dan stasiun TV Fox.

(JPC)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!