Telkomsel Blokir Netflix, Ini Penjelasan Menkominfo

SELEB.FAJAR.CO.ID — Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate membuka suara perihal layanan Netflix yang diblokir oleh salah satu provider, yakni Telkomsel. Menurutnya, hubungan keduanya tidak bisa diintervensi oleh siapapun, termasuk pemerintah.

“Kalau bisnis kita serahkan business to business, apa relasinya, mungkin ada hal yang sifatnya komersial,” katanya saat ditemui di kediamannya usai acara open house, Jakarta, Rabu (25/12).

Layanan Netflix yang tidak bisa diakses ini banyak dikeluhkan oleh pemakai kartu tersebut. Berbeda dengan kasus Indoxxi yang menampilkan film ilegal, padahal di aplikasi Netflix semuanya adalah legal.

Meskipun begitu, berdasarkan pemikiran Johnny, film legal bukan hanya ada di Netflix semata. Melainkan juga ada di bioskop maupun televisi. “Kalau mau nonton legal di bioskop banyak, televisi banyak dimana-mana juga banyak tapi kita akan menyelesaikan kemudahan dan kenyamanan, termasuk Netflix,” ujarnya.

Ia pun meminta Netflix untuk mengatur film yang cocok dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Lebih baik lagi, apabila film garapan anak bangsa lebih ditonjolkan di aplikasi itu. “Kita minta pilihan film-film Indonesia semakin banyak, karenanya kerja sama Netflix dengan perfilman nasional itu juga harus lebih baik,” tandas dia.

Diharapkan, permasalahan antara kedua perusahaan tersebut dapat terselesaikan dengan segera. “Kami berharap bisa diselesaikan secara cepat, Ini kan lagi liburan, akhir tahun (operasional) Netflix pasti libur. Kita harap segera selesai,” tegasnya. (jpc)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : awal muhar