Meroketnya Lagu Jawa Dibawakan Didi Kempot Tak Lepas Dari Gofar Hilman

SELEB.FAJAR.CO.ID – Ada peristiwa penting yang membuat Didi Kempot melaju tak terbendung di industri musik Indonesia, Meskipun diketahui pada tahun-tahun sebelumnya ia kerap manggung di berbagai daerah.

Adib Hidayat selaku Editor in Chief Billboard Indonesia mengungkap, peristiwa penting yang membuat Didi Kempot melaju tidak terbendung di industri musik Indonesia, salah satunya tidak lepas dari acara off air yang digelar di Solo, Jawa Tengah, dalam sebuah kesempatan. Acara itu sukses menjadi gong naiknya Didi Kempot di panggung musik Indonesia.

“Ada acara offair Didi Kempot yang akhirnya dia digemari banyak orang. Ada namanya Gofar Hilman tiba-tiba bikin acara offair di Solo bintang tamunya Didi Kempot, dari situ seperti ada fenomena bahwa tidak hanya orang yang suka lagu Jawa, tapi juga digemari karena ternyata masih nyambung dengan rata-rata penikmatnya,” terang Adib Hidayat kepada jawapos.com grup media fajar.

Sementara itu, pengamat musik Bens Leo mengatakan momen penting di balik puncak popularitas Didi Kempot terjadi saat dia diwawancarai oleh Rosi di Kompas TV. Momen itu dinilai penting karena menjadi semacam deklarasi kalau fans fanatik Didi Kempot adalah anak-anak muda yang belum tentu bisa berbahasa Jawa.

“Di acaranya itu, Rosi yang tidak mengerti bahasa Jawa tapi diterjemahkan oleh Didi Kempot yang lucu. Salah satu sesi acaranya, pas penonton diminta untuk nyanyi ternyata yang muncul pertama kali adalah perempuan cantik dari Bali dan dia belum tentu mengerti bahasa Jawa. Tapi dia mempelajari lagu-lagunya Didi Kempot dengan baik karena suka,” paparnya.

Adib juga mengatakan, bahwa fenomena Didi Kempot dapat membangkitkan seniman dan penyanyi daerah untuk dapat ikut mewarnai industri musik Tanah Air. Hadirnya media sosial membuat mereka lebih mudah untuk memperkenalkan karya-karya terbaiknya.

“Saya rasa ini bagus untuk menjadi pemicu seniman lain dari berbagai daerah. Saya harap Kang Dul Sumbang bisa naik lagi dengan lagu-lagunya dan harapannya ada local hero dari wilayah lain, Sumatera misalnya atau yang lainnya, yang bisa mewakili musik seperti yang ditampilkan Didi Kempot,” paparnya. (jpc)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : asrie