Nia Dinata: Indonesia Mampu Mengadaptasi Gossip Girl Dengan Sangat Baik

SELEB.FAJA.CO.ID — Nia Dinata sedang bersemangat karena film serial garapannya, Gossip Girl Indonesia, akan segera tayang pekan depan. Beragam tantangan sudah merintangi Nia sejak awal pembuatan film serial ini, salah satunya proses casting artis muda yang cukup membuatnya kecewa.

Menurut Nia, proses casting menjadi hal yang paling sulit dan paling lama prosesnya karena ia harus memilih orang dengan kualitas jempolan. Masalahnya, meskipun banyak artis muda yang tertarik untuk terlibat, banyak dari mereka yang ternyata ikut casting hanya mengandalkan popularitas dan mengandalkan jumlah followers di media sosial. Padahal, kualitas aktingnya mengecewakan.

“Pada saat casting banyak artis muda yang ikut tapi kualitas aktingnya tidak sesuai ekspektasi. Maunya jadi pemeran utama dengan mengandalkan followers, popularitas,” ucap Nia, Jumat (7/2).

Bahkan ada juga artis muda dengan peran sebagai cameo malah mematok tarif selangit. Nia Dinata pun dengan tegas menolak artis itu untuk ikut terlibat dalam serial Gossip Girl Indonesia. “Ada artis muda yang minta bayaran mahal untuk jadi cameo. Kalau untuk jadi cameo ya ngapain (minta bayaran tinggi, Red),” ucapnya.

Meski sempat cukup terkejut dengan hal tersebut, melalui perencanaan yang panjang mulai dari proses pembuatan skrip hingga syuting , Nia yang merangkap sebagai sutradara, pembuat skrip sekaligus eksekutif produser dalam serial ini mengaku puas dengan hasil akhirnya.
Apalagi Nia Dinata melihat para pemain yang akhirnya tersaring untuk terlibat di dalamnya tampil total ketika berakting.

“Para pemain yang terlibat di sini benar-benar disaring,” ujar Nia Dinata.

Sutaradara film Ca Bau Kan itu mengaku tidak mau menggarap project ini secara serampangan meskipun cuma sebuah serial. Nia Dinata menggarapnya layaknya membuat film.

Dia memiliki misi khusus yakni menunjukkan kepada publik dunia kalau Indonesia juga mampu mengadaptasi Gossip Girl dengan sangat baik yang tidak kalah dengan adaptasi yang dilakukan sejumlah negara. Dia sangat yakin pesan itu akan tersampaikan karena kali ini Nia bekerjasama dengan Warner Bros.

“Saya tertarik karena ada Warner Bros. Yang saya mau tunjukkan bahwa Indonesia juga bisa maju, bisa bikin yang sophisticated. Indonesia punya kalangan elite society juga. Selain itu, ini bisa membuka pengalaman dan networking juga,” tutur Nia Dinata.

Nia mengaku menonton Gossip Girl versi Amerika pertama kalinya pada 2007 silam. Pada saat itu ia sempat memiliki ketertarikan untuk membuat serial serupa. Seperti gayung bersambut, dia pun benar-benar mendapatkan kesempatan itu setelah sekitar 12 tahun penantian. Pada awal 2019, Nia Dinata dipercaya untuk menggarap project ini.

Dia pun harus kembali menonton serial versi Amerika di rumahnya supaya menetahui semua isi, karakter dan ciri khasnya. “Nonton lagi awal tahun 2019 dan teringat kembali sama apa yang ditonton di tahun 2007,” ujarnya.

Nia juga menceritakan bahwa ia sempat ditertawakan anak dan keponakannya ketika menonton Gossip Girl lantaran umurnya yang sudah setengah abad namun masih menonton serial anak-anak remaja. Nia pun akhirnya menjelaskan bahwa ia menonton acara ini karena ingin mengadaptasinya.

Nia Dinata juga membicarakan projectnya ini dengan sejumlah artis senior. Mengetahui project ini akan dibuat, banyak dari mereka sangat antusias untuk ikut terlibat menjadi pemain. Bahkan ada yang tertarik untuk menjadi pemeran utama. Namun mereka sadar diri hal itu tidak mungkin karena faktor usia.

Gossip Girl Indonesia diperankan oleh Amanda Rawles, Jerome Kurnia, Arya Vasco, Jihane Almira, Baskara Mahendra, Rayssa Dynta dan masih banyak lagi yang lainnya. Serial ini memiliki 10 episode yang akan tayang melalui platform streaming setiap minggu sekali mulai 14 Februari sampai 10 April 2020.

Untuk diketahui, Gossip Girl versi Amerika tayang pertama kalinya pada 2007 silam dan diperkuat oleh sejumlah aktor dan aktris. Mereka adalah Blake Lively, Leighton Meester, Penn Badgley, dan Chace Crawford. Serial tersebut sempat mendapat sejumlah penghargaan. Beberapa contohnya adalah penghargaan kategori Choice TV Show Drama, Choice TV Actresss Drama, Choice TV Breakout Male, dan Choice TV Breakout Female dari Teen Choice Awards pada 2008. (jpc)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : asrie