RSCM Kebanjiran, Arzeti Bilbina Beri Saran Begini – Fajar Seleb
News

RSCM Kebanjiran, Arzeti Bilbina Beri Saran Begini

SELEB.FAJAR.CO.ID – Banjir yang terjadi di Jakarta beberapa hari terakhir mengakibatkan fasilitas publik ikut terkena dampaknya, termasuk Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Artis dan juga model Arzeti Bilbina pun ikut angkat bicara soal kejadian tersebut.

Publik figur yang kini menjadi Anggota dari Komisi IX DPR RI itu meminta pemerintah untuk segera membuat konsep mitigasi bencana terutama bagi rumah sakit.

“Meskipun pihak RSCM telah menyatakan mengalihkan pasien ke RS lainnya, tetapi pihak RSCM perlu mengambil pelajaran penting dari bencana ini. Ke depan perlu ada perbaikan agar hal serupa tidak terjadi supaya bisa meminimalisir dampak negatif bencana bagi pasien. Karenanya, perlu buat skema yang sistematis untuk meminimalisasi agar hal serupa tidak terulang,” kata Arzeti kepada wartawan.

Arzeti Bilbina mengingatkan pemerintah tentang pentingnya mitigasi bencana. Hal ini mengingat banyaknya potensi bencana di Indonesia yang butuh penanggulangan dan perlu segera dilakukan agar semua penduduk mengetahui cara mitigasi bencana. Termasuk bagi pengelola-pengelola fasilitas kesehatan.

“Yang terjadi di RSCM kemarin itu semacam alarm. Beberapa alat kesehatan seperti alat untuk MRI perlu perawatan khusus karena tergenang air. Hingga sekarang masih diperbaiki. Meski sudah dialihkan pelayanan kesehatan ke faskes lain, tetapi tetap saja hal ini mengganggu, apalagi RSCM merupakan RS rujukan utama,” terang Arzeti.

Lebih lanjut, ia menjelaskan kepanikan berbagai pihak tentang yang terjadi di RSCM tersebut menunjukkan belum adanya sistem mitigasi bencana di RS. Oleh karenanya, ini merupakan peringatan dini bagi pemerintah untuk segera membuat konsep dan melaksanakan konsep tersebut untuk mitigasi bencana termasuk bagi pengelola RS.

Menurutnya, semua rumah sakit harus memiliki sistem mitigasi bencana sehingga saat bencana terjadi semua pengelola RS langsung tahu apa yang harus dilakukan.

“Mitigasi bencana sangat mendesak kita butuhkan. Kita harus segera membuat dan melaksanakan konsep tersebut, supaya kita bisa meminimalisir dampak buruk bencana,” jelasnya. (JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!