Gara-gara Virus Korona Deretan Konser di Jakarta Ditunda

SELEB.FAJAR.CO.ID — Sejumlah konser musik sejatinya bakal digelar antara bulan Maret hingga bulan April 2020 mendatang di Jakarta. Namun berhubung virus Korona tengah menjadi ancaman dunia, konser-konser tersebut terpaksa ditunda.

Beberapa gelaran yang terpaksa ditunda diantaranya adalah Head in the Clouds, Babymetal, Foals Live in Jakarta dan Duo B.O.Y, DJ Khalid, dan yang lainnya.

Konser Head in the Clouds sempat direncanakan akan mengguncang Jakarta di JIEXPo Kemayoran pada 7 Maret mendatang. Namun konser yang mendatangkan Rich Brian, NIKI, Higher Brothers, Phum Viphurit, Yerin Baek, Reality dan yang lainnya, terpaksa ditunda sampai waktu yang belum bisa ditentukan gara-gara virus Korona yang melanda sejumlah negara.

Kabar batalnya konser Head in the Clouds sudah dikonfirmasi oleh panitia penyelenggara. “Ditundanya sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan. Kami masih menunda dengan melihat dulu kondisi, situasinya seperti apa,” kata Ossy mewakili pihak penyelenggara kepada JawaPos.com melalui sambungan telepon.

Konser DJ Khalid yang mengusung tajuk ‘Khalid Free Spirit World Tour’ rencananya akan digelar di Istora Senayan, Jakarta pada 28 Maret 2020 mendatang. Namun konser ini tidak jadi digelar gara-gara virus Korona. Pemilik album American Teen itu menggelar konser di Jakarta sebagai bagian dari gelaran tour Asia. Kabar ditundanya konser DJ Khalid dikonfirmasi oleh pihak manajemen. Bagi yang sudah membeli tiket konsernya, bisa melakukan refund.

Grup musik Latuna Coil (Italia) dan Vulvodynia (Afrika Selatan) yang seharusnya manggung di Hammersonic Festival 2020 di Ancol, Jakarta Utara pada 27- 28 Maret mendatang juga memutuskan mundur sebagai pengisi acara gara-gara virus Korona mewabah. Panitia Hammersonic Festival sendiri masih belum membuat keputusan apakah akan menunda gelaran konser metal terbesar di Asia itu atau tetap akan melangsungkannya di tengah kehebohan virus Korona.

“Kami selaku pihak penyelenggara Hammersonic sedang dalam tahap koordinasi dengan seluruh instansi terkait baik itu artis, pemerintah maupun pihak-pihak lainnya. Langkah ini perlu kami ambil secara serius dan intensif untuk mengambil keputusan bersama dan yang terbaik, apakah gelaran Hammersonic tetap diselenggarakan pada 27-28 Maret atau akan penjadwalan ulang,” tulis panitia penyelenggara di laman akun Instagram.

Sementara, akun resmi Instagram band kawaii metal asal Jepang, Babymetal juga sudah mengumumkan bahwa band yang digawangi Su Metal dan Moa Metal tersebut dipastikan menunda semua jadwal tur Asia mereka. Selain Jakarta, mereka juga membatalkan tur di Bangkok, Taipei, dan Kuala Lumpur.

“Kami minta maaf dengan ketidaknyamanan ini. Proses refund akan segera kami umumkan, tapi pegang dulu tiket kalian, karena hingga saat ini kami masih mencari tanggal pengganti yang tepat,” tulis admin akun Babymetal.

Duo B.O.Y juga direncanakan akan menggelar konser dengan tajuk ‘Best of You’ di Tennis Indoor Senayan, Jakarta pada 4 April 2020 mendatang. Namun konser itu ditunda gara-gara virus Korona. Penundaan tersebut sudah diumumkan oleh Dicepro selaku pihak promotor. Ditunda dalam waktu yang belum bisa ditentukan karena masih melihat perkembangan situasi. Pemilik tiket bisa melakukan refund atau tetap memegang tiketnya untuk digunakan ketika konser ini dilakukan penjadwalan ulang.

DKI Jakarta sendiri menyatakan tidak akan mengeluarkan izin keramaian berupa konser dan yang lainnya untuk sementara waktu. Hal itu sebagai langkah untuk menanggulangi penyebaran virus Korona. (jpc)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : asrie