7 Artis Ini Galang Dana untuk Penanganan COVID-19 di Indonesia

SELEB.FAJAR.CO.ID — Virus Korona yang mewabah di Indonesia dan di sejumlah negara lain membuat hati sejumlah artis terketuk untuk ikut ambil bagian membantu penanggulangan wabah ini. Mereka berbondong-bondong melakukan penggalangan dana.

Beberapa nama tenar sudah berhasil mengumpulkan dana yang dialokasikan untuk membantu fasilitas dan perlindungan tenaga medis, membatu masyarakat ekonomi lemah, penyemprotan desinfektan, dan yang lainnya. Siapa saja mereka?

1. Rachel Venya

Rachel Venya beberapa waktu lalu mengumumkan melalui akun media sosialnya kalau dirinya melakukan penggalangan dana untuk membantu penanggulangan virus Korona. Melalui situs Kitabisa, Rachel awalnya hanya menargetkan bisa mengumpulkan dana Rp 100 juta. Namun di luar dugaan, dalam waktu singkat, donasi yang dibuatnya itu berhasil mengumpulkan dana lebih dari target hanya dalam waktu beberapa jam.

Sampai saat ini penggalangan dana yang dibuat Rachel Venya menyentuh angka Rp 6 miliar. Dia pun telah menyalurkan dana yang berhasil dikumpulakannya tersebut melalui Palang Merah Indonesia (PMI) sebesar Rp 2 miliar dan diterima secara langsung oleh Jusuf Kalla selaku Ketua Umum PMI.

Sisa dana lainnya dibagikan Rachel Venya disalurkan secara langsung berupa Alat Pelindung Diri (APD) ke 82 rumah sakit rujukan virus Korona di Indonesia. Sejak awal donasi ini dilakukan Rachel Venya pada 16 Maret 2020, terkumpul dana sekitar Rp 6 miliar dan melibatkan sektiar 96.000 donatur.

2. Atta Halilintar

YouTuber Atta Halilintar juga mengumumkan bahwa dirinya melakukan penggalangan dana untuk membantu penanggulangan virus Korona di Indonesia. Pantauan JawaPos.com sejak diumumkan hingga hari ini, donasi yang terkumpul via Atta Halilintar mencapai Rp 214.297.770. Kampanye penggalangan dana ini akan berakhir dalam 69 hari ke depan.

Atta Halilintar memberikan perhatian besar pada masyarakat kelas menengah ke bawah dan para tenaga medis dalam penggalangan dananya kali ini. Sebab dua kelompok ini, disebut Atta, paling rentan terkena dampak dari virus Korona. Masyarakat kecil bisa saja tidak kena virus Korona namun kehilangan penghasilan mereka lantaran pemerintah menganjurkan untuk berada di rumah. Sementara mereka baru medapat penghasilan jika bekerja. Seperti pedagang keliling dan sejenisnya. Sementara tenaga medis sangat mungkin terpapar virus Korona setelah menangani para pasien jika tidak menggunakan alat pelindung diri memadai.

Atta Halilintar menyebut dana yang terkumpul dari aksi penggalangan dana yang dibuatnya untuk membeli Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis, pemberian masker, sarung tangan plastik, pelindung wajah, kacamata google, dan alat lainnya.

3. Andovi da Lopez

Andovi da Lopez melakukan pengalangan dana dengan cara yang unik. Dia mengumumkan aktif terlibat melakukan penggalangan dana dengan membaca KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) selama 15 jam non stop dan disiarkan secara langsung melalui channel YouTube miliknya. Selama live streaming, Andovi da Lopez berhasil mengumpulkan dana hingga Rp 200 juta dan sampai sekarang donasi itu masih dibuka melalui situs pedulisehat.id.

Andovi da Lopez menegaskan bahwa bukan hanya dana donasi yang akan disalurkannya untuk membantu penanggulangan virus Korona di Indonesia. Dana yang terkumpul via adsense selama live streaming 15 jam lamanya dijanjikannya juga akan didonasikan kepada kepada yang berhak.

“Terima kasih atas 200 juta rupiah lebih yang terkumpul kemarin! Video full 15 jam livestream sedang kita coba untuk dapat filenya dari Google. Semua Adsense di video livestreaming kemarin dan video ini akan di donasikan juga ke mereka yang membutuhkan. #IndonesiaLawanCorona,” tulisnya pada kolom komentar pada akun YouTube-nya.

4. Baim Wong
Artis Baim Wong juga resmi membuat kampanye penggalangan dana lewat Kitabisa sejak 20 Maret 2020. Suami Paula Verhoeven tersebut awalnya tidak mau membuat penggalangan dana lantaran khawatir akan berdampak kurang baik lantaran seperti memaksa orang untuk bersedekah. Dia juga khawatir kampanye ini akan berdampak kurang baik pada si artis. Namun setelah melihat perkembangan virus Korona di Indonesia yang semakin mengkhawatirkan, Baim pun memutuskan untuk melakukan penggalangan dana.

Melalui Kitabisa, Baim Wong menargetkan dana yang terkumpul mencapai Rp 250 juta. Selama sektiar 3 hari membuat kampanye penggalangan dana, Baim Wong berhasil mengumpulkan dana sebesar 170.579.349 dan ada 1018 donatur yang berkontribusi. Kampanye Baim Wong ini akan berakhir dalam 69 hari ke depan.

5. Arief Muhammad

YouTuber sekaligus influencer Arief Muhammad bersama sang istri, Tipang, membuat penggalangan dana lewat Kitabisa guna mengurangi dampak penyebaran virus Korona. Dana yang terkumpul rencananya akan diberikannya untuk membantu perekonomian masyarakat kelas bawah.

Menariknya, sejak melakukan penggalangan dana pada 18 Maret 2020 lalu, Arief Muhammad berhasil mengumpulkan dana Rp 2.301.883.577 dan melibatkan 40.233 donatur. Kampanye ini akan berakhir dalam 69 hari ke depan dengan total target mencapai Rp 2.500.000.000.

6. Afgansyah Reza

Afgansyah Reza termasuk artis yang pertama kali membuat penggalangan dana lewat Kitabisa untuk membantu penanggulangan virus Korona. Berdasarkan pantauan JawaPos.com, Afgan sudah membuat kampanye penggalangan dana ini sejak 12 Desember 2019 dan hingga kini berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 174.881. 379.

7. Maia Estianty

Melalui Kitabisa, istri Irwan Mussry ini berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 1.184.989.626 hingga hari ini dan melibatkan 8.148 donatur. Total dana yang ditargetkan adalah sebesar 1,5 miliar. Kampanye ini baru akan berakhir dalam 86 hari ke depan.

Maia Estianty mengatakan bahwa dirinya akan memberikan dana yang berhasil terkumpul untuk membeli alat perlindungan diri (APD) untuk rakyat dan para tenaga medis. Maia juga akan mengalokasikan dananya untuk biaya pengobatan dan pemeriksaan COVID-19 untuk masyarakat tidak mampu. (jpc)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : asrie