5 Produk Kecantikan yang Tak Boleh Dipakai Bersama

© Shutterstock.com

SELEB.FAJAR.CO.ID – Mungkin bermain makeup dengan teman atau keluarga bisa jadi hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan selama pandemi Covid-19.

Tapi, pastikan kamu tidak memakai produk atau alat kecantikan yang dipakai oleh temanmu maupun sebaliknya.

Meskipun menyenangkan, memakai alat maupun produk kecantikan orang lain bisa berakibat buruk pada kesehatan kulit.

Yang paling mungkin terjadi adalah kamu bisa terkena infeksi, bahkan herpes, hanya karena memakai produk maupun alat kecantikan orang lain.

Daripada berabe, mengutip laman The Health Site, berikut produk maupun alat makeup yang tidak seharusnya dipakai bersama.

Lipstik
Meminjam lipstik bisa menyebabkan infeksi pada kulit. Tak heran, lipstik merupakan produk yang kontak langsung dengan bibir.

Sehingga, mengandung banyak bakteri maupun kuman. Jika sudah terkena infeksi atau masalah kulit, berkonsultasilah dengan dermatologis.

Makeup Mata
Dermatologis menyatakan bahwa memakai produk makeup mata seperti maskara, eyeshadow serta eyeliner yang sama dengan orang lain, akan menyebabkan infeksi, bintitan dan penumpukkan bakteri.

Risikonya semakin berbahaya ketika kamu memakai lensa kontak. Bakteri maupun kotoran bisa menumpuk di belakang lensa kontak dan menyebabkan iritasi mata.

Kuas Makeup
Memakai kuas makeup orang lain akan menyebabkan jerawat. Apalagi, jika kuasnya belum dibersihkan. Bakteri, minyak dan kotoran orang lain akan menyebabkan masalah kulit.

Produk makeup yang dikemas di dalam botol atau jar

Kamu perlu memakai jari untuk mengambil produk makeup yang dikemas di dalam jar atau botol.

Biasanya, produk yang dikemas dengan cara seperti ini adalah lip balm, lip scrub, pembersih wajah, pelembap, krim serta foundation. Jadi, gunakanlah produk tersebut untuk dirimu sendiri.

Razor
Alat ini dapat menyebabkan herpes genital jika di antara pemakainya yang menderita hal tersebut.

Jangan meminjam atau meminjamkan razor untuk menghindari infeksi, hepatitis serta virus lainnya. (The Health Site- WK)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : asrie